Resep Bolu Tape Kukus (Dengan Ragi) yang Gurih!

Bolu Tape Kukus (Dengan Ragi). Resep Bolu Kukus - Kue basah yang kita kenal dengan bolu kukus merupakan salah satu cemilan tradisional Indonesia yang merakyat dan digemari oleh masyarakat Tanah Air. Memiliki tekstur lembut dan rasa yang manis ternyata resep bolu kukus tidak sulit untuk dicoba. Bolu tape simple dengan ukuran gelas.

Bolu Tape Kukus  (Dengan Ragi) Kapanlagi Plus - Hallo KLovers, jika kamu ingin membuat kue bolu tapi bukan bolu yang biasa-biasa aja, beruntung sekali Terkadang, kita merasa bosan dengan adonan kue bolu yang begitu-begitu saja. Rasa coklat lagi, isi pisang lagi, rasa pandan lagi. Brilio.net - Bolu kukus merupakan salah satu makanan basah khas Indonesia. Kawan-kawan dapat memasak Bolu Tape Kukus (Dengan Ragi) hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Bolu Tape Kukus (Dengan Ragi)!

Bahan Bolu Tape Kukus (Dengan Ragi)

  1. of Bahan biang.
  2. 3 gr of ragi instant.
  3. 1 sendok makan of gula pasir.
  4. 50 ml of air hangat.
  5. of Bahan bolu.
  6. 2 butir of telur ayam.
  7. 80 gr of gula pasir butiran halus (aku gula pasir diblender).
  8. 100 gr of tape singkong (haluskan dengan punggung sendok).
  9. 200 gr of tepung protein sedang (aku pakai segitiga biru).
  10. 13 gr of Fiber creme (bisa diganti susu bubuk).
  11. 25 gr of minyak goreng (ditimbang ya mom. Bisa diganti dgn margarine/butter yg dicairkan).
  12. Sejumput of garam (tambahanku).
  13. 1/2 sendok teh of vanili bubuk (tambahanku).
  14. of Topping.
  15. Secukupnya of chocolates chips/keju parut/mesis/kismis.

Kue satu ini sangat mudah dibuat dan menggunakan bahan yang cukup sederhana. Ada beberapa versi bolu kukus dan semuanya itu sangat mudah dibuat. Bahkan bagi seseorang yang baru saja belajar membuat kue. Selain dikukus, bolu tape ini juga bisa dipanggang lho, coba saja, tentu hasilnya memiliki rasa sedikit berbeda.

Langkah-langkah memasak Bolu Tape Kukus (Dengan Ragi)

  1. Buat biangnya dulu ya? Siapkan mangkuk. Tuang air hangat, ragi dan gula pasir. Aduk dan diamkan 15 menit sampai berbuih. Sisihkan dulu..
  2. Dalam wadah besar, campurkan telur dan gula pasir. Kocok dengan whisker hingga gula larut.
  3. Setelah itu masukkan tape singkong yg telah dihaluskan tadi. Aduk hingga tercampur rata dan tidak ada yg menggumpal.
  4. Lalu masukkan tepung terigu, susu bubuk dan vanili. Diayak ya mom.
  5. Campur rata, lalu masukkan adonan biang. Aduk rata lagi, jangan lupa masukkan garamnya.
  6. Setelah itu, masukkan minyak goreng (atau margarine cair) aduk rata sampai homogen dan tidak ada endapan minyak di bawahnya. Adonan kental dan agak berat.
  7. Diamkan selama 45 menit. Sambil menunggu, jangan lupa panaskan kukusan/ dandang. Beri air secukupnya. Bungkus tutup dandang dengan serbet bersih. Bagi2 adonan ke cup case bolu kukus (bisa juga dituang di loyang. Beri olesan margarine dan terigu sedikit bila di loyang)Beri topping.
  8. Pastikan dandang sudah beruap banyak, baru masukkan bolkusnya. Kukus selama 30 menit dengan api besar 15 menit pertama dan api sedang 15 menit berikutnya. Jangan buka tutup kukusan. Kalau mengukusnya antri, jangan lupa mengecek airnya dan biarkan adonan dalam wadahnya. Tuang adonan berikutnya ke dalam cetakan bolkus, bila dandang sudah siap..
  9. Tekstur nya seperti roti brudel (gabungan roti dan cake) Dari luar seperti cake tapi tekstur dalamnya seperti roti. Enak lah pokoknya hihihiii.

Kamu bisa menambahkan pisang ke dalam bahan bolu tape ini, jadi ada perpaduan bolu tape dengan cake pisang. Saat mengukus, bungkus tutupnya dengan kain bersih agar air tidak. Resep kukus/panggang mah sama aja ya kak? Aku coba pake resep yg di contoh di panggang tp aku kukus eh malah Sp/ovalet/tbm apakah bisa diganti dengan beking powder dan baking soda? Resep Bolu Kukus Tape Singkong #bolukukustape #bolutapekukuslembut.

Lebih baru Lebih lama