Cara Membuat Balado Ikan Asin Kapas / Pakang Anti Gagal

Balado Ikan Asin Kapas / Pakang. Selain memiliki rasa pedas pada sambal balado padang ini juga memiliki rasa gurih yang berasal dari air kaldu ayam atau sapi. Ikan yang memiliki harga ekonomis ini biasa digunakan para pemancing untuk umpan ikan cakalang. Bumbu dasarnya sama dengan yg di resep balado teri, tapi karena gak punya cabe merah besar saya gnti dengan cabe merah keriting TIPS: Tunggu tumisan bumbu.

Balado Ikan Asin Kapas / Pakang Harga ikan asin - ikan asin merupakan inovasi yang kerap di lakukan oleh kebanyakan nelayan untuk mengawetkan ikan dengan cara di asinkan. Ikan yang di jual di pasaran ini banyak yang berasal dari jenis ikan laut dari pada ikan tawar, kerena ikan laut lebih banyak di minati oleh banyak konsumen. Hai bunda kali ini saya akan membagikan resep ikan asin pakang balado yang enak banget,rasanya gurih,pedas dan manis. Bunda dapat memasak Balado Ikan Asin Kapas / Pakang hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin Balado Ikan Asin Kapas / Pakang yuk!

Bahan Balado Ikan Asin Kapas / Pakang

  1. 200 gr of ikan asin kapas.
  2. 20 buah of cabe merah keriting.
  3. 1-2 of cabe rawit (optional).
  4. 6 siung of bawang merah.
  5. 4 siung of bawang putih.
  6. 2 lembar of daun salam.
  7. 3 lembar of daun jeruk.
  8. 1 batang of sereh (geprek).
  9. of Lengkuas.
  10. of Gula merah.
  11. of Gula pasir (optional).
  12. of Garam.
  13. of Kaldu bubuk.
  14. of Air asam jawa.

Cara membuat Balado Ikan Kapas Goreng ikan asin kapas hingga garing dan kering, sisihkan. Masukkan ikan asin, aduk rata dan sajikan. Panaskan minyak, lalu goreng ikan asin. Hampir mirip dengan ikan kapas, ikan asin Kapang sangat pas dihidangkan kepada orang-orang tua lansia karena teksturnya yang renyah.

Langkah-langkah memasak Balado Ikan Asin Kapas / Pakang

  1. Siapkan semua bahan. Cuci bersih ikan asin, kemudian goreng garing. Haluskan cabe, bawang merah dan bawang putih..
  2. Tumis bumbu halus. Tambahkan sereh, daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Tambahkan sedikit air,lalu tumis sampai kering (matang) dan harum..
  3. Jika sudah kering, masukkan air asam jawa, gula merah, kaldu bubuk, gula pasir jika masih kurang manis dan garam secukupnya. Tunggu hingga menjadi karamel. Tes rasa..
  4. Jika sudah pas, kecilkan api. Masukkan ikan asin yang sudah digoreng, aduk rata. Matikan api. Biarkan dingin, balado ikan kapas siap disajikan. Selamat mencoba..

Ukuran Ikan Pakang terbilang kecil dan sangat tipis. Jadi usai digoreng menjadi lunak dan ramah bagi para konsumen yang tidak kuat menguyah makanan yang. Ikan Asin Pakang bentuknya mirip-mirip dengan Ikan Asin Kapas. Setelah digoreng, Anda bisa merasakan gurih dan renyahnya ikan asin ini karena ukurannya yang kecil Semakin bagus mutunya, maka harga Ikan Asin Kapas ini semakin mahal. Ikan Asin Kapas ini paling enak jika dibuat balado.

Lebih baru Lebih lama