Cara Membuat Sop ikan nila (khas Batam) Anti Gagal

Sop ikan nila (khas Batam). Sup ikan khas sumatra ini sering di sebut khehancang, rasanya yang segar dan ringan di lidah memang cocok untuk lauk saat anda santai. bahan : - Ikan Nila. Selain daging ikan fillet, sajian ini punya ciri khas yaitu potongan besar tomat ijo dan sawi asin di dalamnya. Sajian ini semakin nikmat dengan bumbunya yang ringan dan sedap, serta kuahnya yang bening.

Sop ikan nila (khas Batam) Saya namakan #MenuNusantara #DariFarhahUntukCookpad sesuai dengan tujuan awal saya bergabung di #Cookpad yaitu lebih mengenal Kuliner Khas. Berlaku hanya di SIB cabang Gandaria. Rahasia membuat sop ikan nila yang enak terletak pada pemilihan ikan yang harus segar dan bersih. Teman-teman dapat menghidangkan Sop ikan nila (khas Batam) hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep Sop ikan nila (khas Batam)!

Bahan-bahan Sop ikan nila (khas Batam)

  1. 1 ekor (1/2kg) of Ikan nila bagi 3 potong, cuci bersih.
  2. secukupnya of Sawi putih/ sayur asin.
  3. 1 buah of Tomat hijau.
  4. 1 batang of Daun bawang.
  5. 2 buah of Kemiri , belah2, goreng/sangrai.
  6. of Bawang putih, di iris2 tipis, taburi garam, remas2, goreng, haluskan.
  7. 2 sdm of Ebi , goreng, haluskan.
  8. 3/4 sdt of garam.
  9. 1/2 sdt of merica.
  10. 2 sdm of kecap ikan.
  11. secukupnya of penyedap/ vetsin (optional).

Aroma khas ikan nila akan menambah citarasa sajian sehingga masakan pun terasa istimewa. Dengan begitu selera makan tentunya akan semakin bertambah. Ikan budidaya yang bisa tumbuh hingga sebesar paha orang dewasa ini, punya rasa daging yang khas. Untuk membuat sop ikan nila kuah bening, bahan dan langkahnya adalah sebagai berikut.

Cara membuat Sop ikan nila (khas Batam)

  1. Didihkan air +- 1 liter..
  2. Bawang putih, kemiri, ebi goreng, lalu haluskan. Boleh di ulek hingga halus atau bisa di blender..
  3. Masukin bumbu yg sudah dihaluskan ke air mendidih, masak hingga bumbu matang dan merata +- 3 menit. Tambahkan garam, gulpas, lada, kecap ikan, vetsin. Cobain rasanya klo uda pas masukin ikannya. Masak sampe ikan matang -+ 2 menit. Setelah itu masukin sayur sawi putih, masak sebentar aja supayan sayur tetap renyah/tidak layu. Setelah itu masukan tomat ijo dan daun bawang, matikan api. Selesai.

Dalam memancing ikan nila, tidak boleh sembarangan dalam pemakaian umpan. Karena harus di sesuaikan dengan keadaan, sehingga ikan Beberapa diantaranya adalah umpan ikan nila merah yang jitu, di kolam, liar, babon, di sungai, air payau, air keruh, di kolam harian, di danau toba sampai. Ambil ikan nila dan cuci hingga bersih, terutama bagian perutnya. Keluarkan semua kotoran yang ada di perutnya tersebut hingga benar-benar bersih. Sekian informasi mengenai resep ikan pesmol nila khas Cianjur yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini.

Lebih baru Lebih lama