Cara Membuat Sambel Bawang Ikan Asin Enak dan Mudah Dibuat

Sambel Bawang Ikan Asin. Makan dengan sambel bawang ikan asin, rasanya sangat enak apabila nasi yang di pakai nasi thiwul, tapi karena nasi thiwulnya tidak ada yo wis pakai nasi. Video kali ini Bunda akan berbagi resep cara bikin ikan balado yang simpel banget. Cara buatnya gampang banget dan bahannya juga gak banyak.

Sambel Bawang Ikan Asin Ini beneran buat gagal diet, apalagi makannya pake nasi. Sambal tomat sekilas hampir sama dengan sambal bawang. Hanya saja dalam sambal tomat ditambahkan bawang merah dan juga Sambal terong paling cocok dipadukan dengan ikan asin, tempe goreng dan tahu goreng. Kamu dapat membuat Sambel Bawang Ikan Asin hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Sambel Bawang Ikan Asin yuk!

Bahan-bahan Sambel Bawang Ikan Asin

  1. 100 gram of Ikan asin tembang.
  2. 7 siung of bawang putih.
  3. 10 buah of cabe merah keriting.
  4. 25 buah of cabe rawit.
  5. Secukupnya of gula.
  6. Secukupnya of garam.
  7. Secukupnya of kaldu bubuk.
  8. Secukupnya of minyak goreng.

Sambel bawang pun jadi dan bisa dinikmati dengan berbagai olahan apapun termasuk ayam maupun ikan goreng. Rendam ikan asin dengan air hangat untuk mengurangi rasa asin yang berlebihan. Kemudian goreng hingga setengah matang, angkat dan tiriskan hingga dingin. Variasi sambal yang terinspirasi dari sambal bawang pedas yang populer di Surabaya.

Langkah-langkah membuat Sambel Bawang Ikan Asin

  1. Rendam sebentar ikan asin tembang dengan air panas. Tiriskan lalu potong2 kecil2. Goreng sampai matang. Siaihkan..
  2. Rebus bawang putih, cabe merah keriting dan rawit sampai matang. Angkat tiriskan lalu haluskan..
  3. Panaskan minyak. Masukkan sambal yang sudah diuleg. Bumbui dengan gula, garam dan kaldu bubuk. Aduk rata..
  4. Masukkan ikan asin yang sudah digoreng. Masak sampai berubah warna. Angkat. Dinginkan. Siap disajikan.

Sambal Bawang adalah sambal yang pertama kali saya kenal selain sambal terasi kampung. Istilah yang tepat menurut saya adalah Sambal Ekspres, karena bahannya simpel dan Selain itu sambal harus berasa agak asin biar rasanya semakin mantap. Pas banget sering bikin sambel bawang pake ikan asin segala macem. Resep sambel matah seperti sambal bawang yang sangat mudah untuk diolah sendiri di rumah. Dapat pula membuat kreasi resep Jenis seafood yang sering dimanfaatkan adalah ikan asin.

Lebih baru Lebih lama