Resep Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran) Enak dan Mudah Dibuat

Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran). Kupat tahu (Aksara Sunda Baku: ᮊᮥᮕᮒ᮪ ᮒᮠᮥ) (Priangan), (Hanacaraka:ꦏꦸꦥꦠ꧀ ꦠꦲꦸ) (Surakarta dan Magelang)) adalah makanan tradisional Indonesia yang berbahan dasar ketupat, tahu yang telah digoreng, dan juga bumbu kacang. Lontong dapat juga digunakan sebagai pengganti ketupat. Bahan utama kupat tahu ialah tahu, yang dicampur dengan ketupat (kupat), berbagai macam sayuran, yang disiram dengan bumbu kacang.

Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran) Kuliner ini adalah salah satu masakan khas di Daerah Jawa, seperti Solo, Magelang, Bandung, Singaparna, dan daerah sekitarnya. Nah, untuk resep yang akan kita bahas kali. Bahan-bahannya juga terdiri dari bahan yang nggak ribet dan mudah ditemukan di pasar tradisional. Kamu dapat menyiapkan Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran) hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran) yuk!

Bahan-bahan Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran)

  1. 2 buah of ketupat.
  2. 3 lembar of daun kol.
  3. 3 buah of tahu potong 2 lalu beri sedikit garam dan goreng.
  4. 1 genggam of kecambah, rebus sebentar.
  5. 2 batang of daun sledri.
  6. 1 sdm of bawang goreng.
  7. 2 sdm of kacang tanah goreng.
  8. 50 gr of mie telur (optional, sy ndak pake).
  9. of Kuah gula merah.
  10. 100 gr of gula merah/aren.
  11. 3 sdm of gula pasir.
  12. 1 sdt of garam.
  13. 2 gelas of air.
  14. 1 sdm of kecap manis.
  15. 2 mata asam of jawa.
  16. of Bumbu Uleg utk tiap 1 piring saji.
  17. 1 siung of bawang putih.
  18. 1 lbr of daun jeruk purut.
  19. Sedikit of garam.

Umumnya, kupat tahu dibuat dengan bahan utama berupa ketupat, tahu goreng, dan potongan kubis. Untuk bumbunya, berupa sambal kacang yang terdiri dari kacang tanah yang dihaluskan dan kecap. Kupat tahu Bahan utama : Ketupat/ lontong secukupnya Tahu secukupnya, goreng Tauge secukupnya, siram dg air panas Bahan pelengkap : Kerupuk Bawang. Share it on your social network: Or you can just copy and share this url.

Langkah-langkah membuat Kupat Tahu (Bahan Sisa Lebaran)

  1. Siapkan semua bahan2nya. Tahu yg sdh digoreng, kol diiris tipis, kecambah yg sdh direbus, ketupat dipotong2, daun sledri dan bawang goreng..
  2. Kuah gula merah: panaskan air, masukkan gula merah dan gula pasir. Aduk smp gula larut. Masukkan kecap dan garam. Aduk rata. Koreksi rasa. Angkat lalu saring..
  3. Bumbu halus: haluskan bawang putih, cabe rawit dan daun jeruk. Lalu pindahkan ke piring saji. Tuang kuah gula merah..
  4. Cara menyajikan, tata di piring: ketupat yg sdh dipotong2, kol, kecambah, tahu goreng, beri mie jika suka, lalu taburi kacang tanah, bawang goreng dan daun sledri. Sajikan dg krupuk. Dan jika suka, bisa ditambahkan dadar telur di atasnya sbg toping...hmmm yummy banget bunda!.

Langsung aja dijadikan Kupat Tahu endeus! Menikmati kupat tahu Bandung kini tak perlu jauh-jauh ke Kota Kembang. Ayam Seafood Daging Sayuran Nasi Mie Telur Tahu Tempe. Goreng Rebus Kukus Bakar Panggang Tumis. Kupat tahu atau tahu kupat merupakan makanan khas jawa tengah yang cukup terkenal.

Lebih baru Lebih lama