Cara Memasak Ikan asin sambel ijo kemangi Lezat dan Cocok Jadi Sajian Keluarga

Ikan asin sambel ijo kemangi. Silahkan dicoba masakan ala channel aku hepi people. Berhubung aku tuh suka banget ikan asin dan bosen kalau dimasak biasa aja, soo here it is. Sambal cabe ijo meruakan sambal khas dari tanah minang.

Ikan asin sambel ijo kemangi Cara membuat sambel oncom daun kemangi : Cuci bersih oncom dan hancurkan di mangkuk kemudian iris tipis. Sambel ijo ini adalah sambel ijo khas padang dan rasanya enak apalagi jika dipadukan dengan ikan asin dan lalapan daun singkong rebus atau kemangi. Terus terang saya suka ikan asin sampai kapanpun! Teman-teman dapat memasak Ikan asin sambel ijo kemangi hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep Ikan asin sambel ijo kemangi!

Bahan-bahan Ikan asin sambel ijo kemangi

  1. 10 ekor of ikan asin(maaf yang kefoto cuman 5).
  2. 1/2 sdt of gula pasir.
  3. 1 sdt of air jeruk nipis.
  4. 1 ikat of kemangi.
  5. Sejumput of garam(sesuai selera gak pakai juga gpp).
  6. of Minyak untuk menggoreng.
  7. of Bahan Sambal:.
  8. 1 buah of tomat ijo.
  9. 7 of cabe ijo keriting.
  10. 4 of cabe rawit merah.
  11. 2 siung of bawang putih.
  12. 4 buah of bawang merah.

Jangan salah, ikan asin tak selamanya berkonotasi makanan kampung dan murah lho. Cicipi, tambah garam jika perlu (karena ikan asin sudah asin biasanya. Rasa dan aroma yang khas dari ikan asin, sering kali berhasil membuat orang-orang merindukan kampung halaman. Tapi, sebagai penikmat kuliner nusantara, seberapa kenal kamu dengan ikan asin?

Cara memasak Ikan asin sambel ijo kemangi

  1. Siapkan bahan,buang kepala dan isi perut ikan.Rendam ikan dengan air hangat selama 2-3menit cuci/siram dengan air bersih.Kukus duo cabe,duo bawang dan tomat selama 5 menit..
  2. Pindahkan bahan sambel kecobek tambahkan garam(teryata setelah saya tambahi garam rasanya agak asin karena pas masak ini hr kamis sy puasa jadi gak bisa koreksi rasanya🙏) dan gula pasir uleg kasar sisihkan.Goreng ikan asin sampai matang.
  3. Lalu tiriskan.Goreng sambel dengan bekas minyak goreng ikan asin tadi tambahkan air jeruk nipis aduk rata kemudian masukkan daun kemangi dan ikan asin.
  4. Aduk sebentar dan matikan kompor.
  5. .

Lihat juga resep Sambel ijo (nasi padang) enak lainnya. Sambel khas Makassar yang terbuat dari ikan gabus cincang, bawang, kelapa parut, seledri, cabe, dan Tidak jauh beda dengan bahan pembuatan sambel terasi, ditambahkan daun kemangi untuk Sambel yang diolah dengan ikan peda yang terkenal asin jadi dalam pembuatan sambelnya tidak. Rendam ikan asin dengan air hangat untuk mengurangi rasa asin yang berlebihan. Kemudian goreng hingga setengah matang, angkat dan tiriskan hingga Cara memasak sambel oncom daun kemangi : Cuci oncom hingga bersih baru lembutkan dengan uleg an. Rajang tipis bawang merah dan bawang.

Lebih baru Lebih lama